Nusantara Baru Indonesia Maju, Logo Baru HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Saromben.com
Nusantara Baru Indonesia Maju
Nusantara Baru Indonesia Maju (saromben.com)

JAKARTA – Pemerintah memperkenalkan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” untuk peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia. Logo HUT ini, yang mencerminkan visi pembangunan berkelanjutan dan persatuan bangsa, telah dirilis oleh pemerintah.

Diciptakan oleh Inggrid Wenas, anggota Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Kota Surabaya, Jawa Timur, logo ini diperkenalkan oleh Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono di Jakarta pada Senin, 24 Juni 2024.

Logo HUT ke-79 ini mengandung filosofi persatuan sebagai fondasi dasar bangsa dan kesetaraan sebagai tujuan negara, yang dicapai melalui pembangunan berkelanjutan tanpa melupakan nilai luhur Pancasila. Identitas visualnya menggambarkan karakter yang mengalir, terhubung, dan fleksibel, menyiratkan keramahan dan kedekatan dengan masyarakat.

Logo ini terdiri dari elemen-elemen grafis yang terinspirasi dari kekayaan alam Indonesia seperti pohon, sungai, bunga, dan gunung. Desain logo terdiri dari angka 79 berwarna merah yang melambangkan usia Indonesia. Bentuk angka 7 menyerupai paruh burung garuda, simbol negara, dan melambangkan kekuatan serta harapan peningkatan investasi dan ekspor. Angka 9 dengan bentuk menyerupai daun dan dahan menyiratkan prinsip pembangunan berlandas ekonomi hijau dan sinergi dengan alam.

Dua gelombang yang bergerak searah di atas angka 7 dan di bawah angka 9 menggambarkan tujuan Indonesia menuju desentralisasi dan pemerataan pembangunan guna mencapai kesetaraan. Heru Budi Hartono menjelaskan bahwa elemen grafis yang terinspirasi dari aliran sungai menggambarkan koneksi dan dinamisme yang diinginkan dari fase transisi pemindahan ibu kota negara dan kepemimpinan bangsa. “Bentuk keseluruhan yang meliuk-liuk menyerupai ikon Sungai Kapuas di Kalimantan memiliki makna dan harapan bahwa Indonesia akan menjadi negara yang dinamis,” tambah Heru.

Inggrid Wenas menyatakan bahwa desain logo ini lahir dari keinginannya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara melalui kemampuan desain grafisnya. Ia berharap industri kreatif di Indonesia semakin maju dan bakat-bakat muda semakin dihargai di negara ini.

Baca Juga:  6 Link Twibbon HUT RI ke-79 Tahun 2024, Berikut Caranya!

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama, menyebutkan bahwa logo ini diluncurkan jauh hari sebelum perayaan kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 agar dapat disosialisasikan secara luas oleh media massa. Pemerintah telah menyiapkan pranala yang menyediakan contoh dan penjelasan mengenai logo di tautan ini.

Pranala tersebut berisi dokumen digital mengenai Pedoman Identitas Visual, video motion HUT ke-79 RI, template desain logo, dan pedoman identitas visual dalam resolusi rendah maupun tinggi. Template desain logo juga mencakup contoh-contoh penggunaannya untuk media promosi luar ruang, media sosial, alat tulis kantor, seragam, alat transportasi, dan cenderamata. Video motion yang tersedia berisi penjelasan makna logo dan pemakaiannya untuk kepentingan umum.

Segera unduh logo dan aturan pemakaiannya pada pranala yang disediakan untuk mendukung perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia!

Sumber: Indonesia.go.id